Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Hati-hati Minum Es Teh Sembarangan, Aku Sih Kapok

25 Agustus 2020   12:42 Diperbarui: 27 Agustus 2020   19:21 3071
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: freepik/taira42

Kondisi udara panas, badan berkeringat dan habis mengerjakan hal berat di luar kantor pasti hal pertama yang saya cari adalah es teh baik di warung, tempat makan ataupun di pinggir jalan. 

Entah kenapa meminum es teh saat di siang hari yang panas terik terasa segar. Sebenarnya teh dingin juga banyak terjual di modern market atau minimarket cuma ada pikiran lebih enak pesan es teh di pedagang kecil. Sekalian memberikan rejeki kepada mereka.

Pernah suatu ketika saat saya menemui klien bersama dengan QC kantor. Kami menyempatkan diri makan siang di salah satu pusat kuliner saat jam istirahat. 

Seperti biasa saya pasti memesan es teh ke salah satu stand minuman. Saat minuman datang dan saya meminumnya, staf QC menegur saya, "Pak kok mau sih minum es teh?"

Hanya hanya sekadar menjawab, "ya kan enak siang-siang gini minum yang dingin".

Bukan masalah itu pak, cuma bapak perhatikan. Penjual pakai es balok di minuman bapak bukan es kristal.

Sebenarnya dalam hati saya toh sama saja karena fungsi es agar minuman bisa cepat dingin. Lagian sejak kecil juga sudah terbiasa minum es di pinggir jalan dengan es balok.

Rekan kerja saya yang seorang QC memberikan penjelasan ilmiah mengapa kita perlu memperhatikansegala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita. Ini karena bisa jadi makanan atau minuman yang masuk ke tubuh telah terkontaminasi atau mengandung bakteri serta virus yang justru akan mengganggu kesehatan. 

Hal terkecil mungkin sekedar sakit ringan seperti diare, flu, atau panas dalam. Namun jika memunculkan penyakit berat bisa membahayakan tubuh hingga nyawa seperti Muntaber, Hepatitis, Kanker, hingga Stroke.

Dirinya memberitahukan saya bahwa es balok diproduksi untuk pengawet hasil laut seperti ikan, udang, kepiting dan sebagainya. Sehingga umumnya es balok digunakan oleh para nelayan. Ini karena es balok diproduksi dari air mentah yang tidak diolah sehingga tidak diperuntukan untuk dikonsumsi seperti campuran dalam minuman.

Sebenarnya saya sudah pernah tahu bahwa es balok tidak untuk dikonsumsi namun karena terbiasa sejak kecil membeli minuman di pinggir jalan yang rata-rata menggunakan es balok maka saya terkesan mengabaikan hal tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun