Mohon tunggu...
Gregorius Aditya
Gregorius Aditya Mohon Tunggu... Konsultan - Brand Agency Owner

Seorang pebisnis di bidang konsultan bisnis dan pemilik studio Branding bernama Vajramaya Studio di Surabaya serta Mahasiswa S2 jurusan Technomarketing Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Saat ini aktif mengembangkan beberapa IP untuk bidang animasi dan fashion. Penghobi traveling dan fotografi Landscape

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Masihkah Perlu Tim Marketing Jika Sales Selalu di Atas Ekspektasi?

26 April 2024   06:00 Diperbarui: 26 April 2024   13:27 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi tipe sales person. (Freepik/rawpixel.com via Kompas)

Memiliki sales penjualan tinggi tentunya adalah dambaan setiap pengusaha, terutama bagi yang baru bergabung di dunia bisnis. Dalam praktiknya, suatu penjualan tinggi bahkan yang bersifat hampir selalu konsisten ada kemungkinan untuk dapat diraih bahkan oleh sang pengusaha itu sendiri tanpa melibatkan terlalu banyak anggota yang bernegosiasi atau berpromosi. Apabila terdapat kesibukan dari si pemilik, dapat pula dilakukan dengan mengutus perwakilan sales atau key account representative. 

Sebuah sales yang konsisten dan di atas ekspektasi tentunya hal yang fantastis bagi setiap pengusaha. Meskipun begitu, terdapat sebuah pertanyaan menarik, pada kondisi di mana penjualan hampir selalu goal dan di atas ekspektasi, sebagai pengusaha baru, masihkah memerlukan tim marketing?

Ilustrasi tentang penjualan perusahaan. Sumber: sasanadigital.com
Ilustrasi tentang penjualan perusahaan. Sumber: sasanadigital.com

Pada dasarnya, dalam berbisnis, kita tetap perlu mempertimbangkan dari sudut pandang yang luas. Memang patut diakui bahwa penjualan yang hampir selalu konsisten merupakan sesuatu yang seperti membuat kita di atas angin, tetapi kita perlu melihat bahwa bagaimanapun prinsip-prinsip dunia pemasaran atau marketing itu sendiri sering kali menjadi landasan bagi pencapaian tersebut, dan hal ini juga memegang kunci bagi keberlanjutan di masa depan. 

Seorang klien tentunya tidak akan tertarik pada tahap pembelian bahkan berulang kali apabila produk hingga layanan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Berikut alasan mengapa adanya tim pemasaran yang kuat tetap penting bahkan ketika penjualan sedang booming:

Ilustrasi tentang dunia pemasaran. Sumber: runsystem.id
Ilustrasi tentang dunia pemasaran. Sumber: runsystem.id

1. Sebagai Penjaga Kesuksesan Kita di Masa Depan

Pada dasarnya, pasar bersifat siklus. Suatu tren yang tengah panas hari ini tentu tidak akan bertahan lama. Adanya tim pemasaran dalam hal ini dapat bertindak sebagai pencari masa depan dari bisnis kita, bagian meneliti tren, mengidentifikasi segmen pelanggan baru, dan membuat bisnis kita tetap mudah beradaptasi. 

Dapat dikatakan tim pemasaran adalah mereka yang meneliti produk kita agar tetap relevan di pasar. Adanya tim pemasaran akan memastikan strategi kita dapat berkembang seiring dengan pasar sehingga pada gilirannya menjaga kesuksesan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun